Cara Mencegah Haus Yang Berlebihan Saat Puasa


Menjalani puasa tidaklah mudah dalam kondisi cuaca yang sangat panas seperti saat ini, menahan lapar terasa lebih mudah dibandingkan dengan menahan dahaga. Nah bagaimana cara mencegah haus yang berlebihan saat puasa ? Ikuti trik dibawah ini


Minum 8 gelas per hari
Anjuran minum delapan gelas per hari tetap berlaku saat anda berpuasa ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, namun caranya perlu dirubah yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa dan 4 gelas di malam hari

Minum jus buah yang segar
Jus kemasan banyak dipilih karena menawarkan kepraktisan. Namun sebaiknya Anda tetap mengonsumsi jus buah segar karena lebih menyehatkan. Jus buah kemasan kemungkinan tinggi gula sehingga membuat tubuh Anda lebih cepat haus.

Hindari makanan asin atau pedas
Ahli gizi dari Dubai Health Authority, Dr Wafa Ayesh menuturkan mengkonsumsi makanan yang asin akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air secara drastis dan membuat perut mudah kembung. Sementara itu, konsumsi makanan pedas juga membuat kita lebih cepat haus. Sebaiknya pilih makanan yang dicerna tubuh lebih lama seperti gandum, bayam, dan almond.

Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur tinggi kandungan air dan serat. Hal ini membuat sistem pencernaan lebih sehat dan mengurangi rasa haus saat berpuasa. Cobalah konsumsi buah ini saat sahur atau berbuka puasa.

Hindari Minum Air Es
Minum air es saat berbuka memang sangat menggoda, namun perlu diingat air es tidak dapat menghilangkan rasa haus. Air es justru memicu pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Sebaiknya, minum air pada suhu kamar atau tidak terlalu dingin. 

0 Response to "Cara Mencegah Haus Yang Berlebihan Saat Puasa"

Posting Komentar