Anda Sering Makan Mie Instant ? Ini yang akan terjadi



Anda Sering Makan Mie Instant ? Inilah yang terjadi dalam tubuh jika sering makan mie instan - Mie instant sangat populer di tengah-tengah kita, banyak perusahaan berlomba-lomba mengeluarkan produk mie instant dengan begitu banyak variant dan aneka rasa. Jika dulu yang terkenal hanya mie instant bakso, ayam bawang dan soto, sekarang aneka rasa masakan nusantara sudah tersedia. Rasa sate, rendang, kari, pecel, cakalang dan lain sebagainya.


Mie instant ini sangat digemari oleh masyarakat karena bisa disajikan dalam waktu yang relatif singkat, praktis dan juga rasanya yang begitu gurih menyebabkan hampir semua ibu-ibu memiliki persediaan mie instant dalam jumlah yang cukup banyak. Alasannya jika tidak sempat masak, maka mie ini menjadi alternatifnya. Baik menyediakan makanan si kecil di pagi hari, atau menjadi teman di malam hari ketika perut keroncongan.

Namun ternyata menurut ahli gizi, mie instant tidak baik bagi kesehatan tubuh karena memiliki bahan pewarna dan bahan pengawet dalam jumlah yang cukup besar apabila terakumulasi di dalam tubuh. Fungsi bahan pengawet adalah menjadikan mie instant tahan lama dan tidak mudah basi. Nah bahan pengawet inilah yang ditenggarai tidak baik untuk tubuh kita. Apa saja akibatnya jika anda sering makan mie instant ? ini yang akan terjadi.

1. Mencegah penyerapan gizi
Jika kita mengkonsumsi mie instan ini terlalu sering akan membuat penyerapan Gizi dalam tubuh kita terhambat. Terutama jika mie instan ini dikonsumsi oleh anak di bawah lima tahun, akan mengakibatkan nutrisi pada anak tersebut terhambat. Seperti kita ketahui anak-anak sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan di usia dini.

2. Kanker

Kanker dipicu oleh bahan yang terbuat dari styrofoam, styrofoam banyak ditemui pada bahan-bahan pembungkus mie instant, bentuknya seperti busa atau gabus. Para pembaca tentu tidak asing lagi dengan mie instant dalam kemasan gelas gabus yang sangat mudah untuk diseduh. Bahan styrofoam akan sangat mudah bereaksi dan larut dalam air panas.

3. Keguguran
Jika anda sedang hamil janganlah anda mengkonsumsi mie instan secara terus menerus, karena bukan hanya anda yang akan merasakan dampak dari mie insan ini akan tetapi juga bayi yang sedang anda kandung. Mie instan mengandung bahan pengawet yang mampu mempengaruhi pertumbuhan janin. Jangan sampai anda mengalami keguguran hanya karena terlalu sering memakan mie instant.


4. Menurunkan metabolisme
Metabolisme merupakan pengeluaran hasil dari pembakaran pada tubuh kita. jika kita banyak mengkonsumsi mie instan akan menyebabkan metabolisme kita terganggu. Hal ini disebabkan oleh bahan pewarna dan pengawet yang ada di dalam mie instant relatif sulit dikeluarkan dari dalam tubuh, akibatnya metabolisme tubuh menjadi terganggu. Semakin sering anda mengkonsumsi mie instant, semakin banyak residu bahan pengawet dan pewarna yang menumpuk di tubuh kita.


5. Obesitas
Mie instan mengandung banyak lemak jenuh. Lemak jenuh sangatlah buruk untuk kesehatan kita karena akan menyebabkan obesitas atau kegemukan. Hampir bisa dipastikan orang yang mengkonsumsi mie instant setiap hari, terutama di malam hari akan mengalami obesitas atau kegemukan. Apalagi jika orang tersebut kurang aktifitas dan berolah raga. 


6. Menyebabkan Hipertensi, penyakit jantung dan stroke
Bahan lain yang ada di dalam mie instant yang sangat berbahaya apabila jumlahnya terlalu besar adalah natrium. Bahan berbahaya inilah yang diduga menyebabkan tubuh kita menjadi resisten terhadap air dalam tubuh. Natrium yang terdapat pada mie instan akan mengendap dalam peredaran darah, sehingga peredaran darah kita menjadi sempit dan mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, selain itu natrium juga akan mengendap pada jantung dan menyebabkan penyakit jantung, jika pembuluh darah pecah akan menyebabkan penyakit stroke.

Anda boleh boleh saja makan mie instan akan tetapi janganlah secara berlebihan, karena akan mengakibatkan gangguan pada tubuh anda. semoga bermanfaat selalu untuk anda.

0 Response to "Anda Sering Makan Mie Instant ? Ini yang akan terjadi"

Posting Komentar